Week 12 UAS Flashcards Preview

CB: Agama > Week 12 UAS > Flashcards

Flashcards in Week 12 UAS Deck (8)
Loading flashcards...
1

4 dimensi penting untuk menjadi pribadi yang religius-spiritual?

1. Cinta pada Tuhan
2. Cinta pada Diri Sendiri
3. Cinta pada Sesama
4. Cinta pada Alam Lingkungan

2

Ciri orang yang beragama?

Ciri orang yang beragama adalah bahwa ia percaya pada Tuhan Yang Maha Esa. Percaya pada Tuhan Yang Maha Esa pada umumnya selalu dikaitkan dengan sikap-sikap positif terhadap diri sendiri, sesama dan alam lingkungan.

3

Jelaskan cinta pada diri sendiri?

Cinta pada diri sendiri berarti melakukan semua yang terbaik untuk diri sendiri, seperti mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri, memelihara kesehatan baik fisik, psikologis maupun sosial. Supaya dapat mencintai diri sendiri, sesama dan lingkungan, terlebih dahulu harus membangun relasi yang baik dengan Tuhan agar memiliki kepastian bagaimana cinta pada diri sendiri, sesama dan lingkungan harus dilakukan.

Dua dimensi penting:
1. Yang terbaik untuk Tubuh
Tidak memberikan apa yang dapat merusak tubuh itu sendiri.
2. Yang terbaik untuk Jiwa
Tidak memberikan apa yang dapat merusak jiwa itu sendiri. Hal-hal yang merusak jiwa adalah marah, kecewa, putus asa dan lain sebagainya.

4

Jelaskan Cinta pada Tuhan?

Setiap orang beriman membangun kehidupan religius-spiritualnya berbasis pada percaya pada Tuhan. Dengan percaya pada Tuhan aspek religius kehidupan orang beriman menjadi berbeda dari yang tidak beriman. Kalau orang yang tidak percaya pada Tuhan, orang tersebut membangun spiritualitas kehidupannya berbasis pada pemikirannya sendiri, maka religiositas kehidupan orang yang beriman berbasis pada relasinya dengan Tuhan yang diimaninya.

Sikap orang beriman biasanya lebih tenang, damai dan bersukacita. Karena ia percaya Tuhan lah yang menyelenggarakan hidupnya, ia bersukacita. Dengan demikian sikap-sikap seperti takut, cemas, murung, marah, dendam dan sikap negatif lainnya merupakan refleksi bahwa orang tersebut kurang atau belum beriman.

5

Mencintai Sesama?

Kita biasanya berdosa dengan orang-orang yang selalu dekat dengan kita. Oleh karena itu, sesamaku yang paling pertama adalah mereka yang selalu berada bersama kita dalam ruang dan tempat tertentu.

6

Bagaimana seseorang dapat mencintai sesamanya?

1. Berkaitan dengan kesehatan jiwa dan tubuh kita. Bila kita sehat, kita tidak menjadi beban bagi orang lain dan bahkan kita menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.
2. Bila kita sehat dalam jiwa dan tubuh kita dapat keluar dari tempat kita sendiri. Kita melihat, mendengarkan, melangkahkan kaki dan mengulurkan tangan menjadi bagian dari kehidupan orang lain dan berada bersama mereka.

7

Cinta Alam Lingkungan?

Lingkungan alam sangat penting bagi setiap orang. Hidup manusia di dunia ini sepenuhnya bergantung pada alam. Cara kita mencintai alam lingkungan yaitu tidak membuang sampah sembarangan, tidak boros menggunakan air, menjaga udara tetap bersih dan sikap-sikap positif lainnya yang dapat kita lakukan terhadap alam lingkungan.

8

Mengapa cinta diri, sesama dan alam lingkungan?

Dengan menghormati sesama manusia dan seluruh ciptaan Tuhan sama dengan menghormati Tuhan yang menciptakannya. Dalam kitab-kitab suci agama juga memberikan kesaksian bahwa Tuhan selalu menggunakan manusia dan alam untuk menyatakan kehendaknya. Oleh karena itu, sikap dasar seseorang pribadi yang spiritual adalah meningkatkan kepekaan terhadap kehadiran orang lain dalam hidupnya. maka tanggung jawab utama orang yang beriman adalah terus berelasi dengan Tuhan.