Week 11 UAS Flashcards Preview

CB: Agama > Week 11 UAS > Flashcards

Flashcards in Week 11 UAS Deck (4)
Loading flashcards...
1

Makna Tuhan Maha Pengampun?

Kita mengenal Tuhan sebagai Maha Pengampun. Gambaran ini sekaligus menumbuhkan semangat dalam hidup manusia, bahwa sekali pun dia telah berdosa, tetap ada kemungkinan untuk diampuni, selamat dan bahagia. Ini adalah sebuah tanda cinta kasih Tuhan kepada manusia. Hanya dengan bertobat maka pengampunan Tuhan akan efektif bagi kita, karena tanpa bertobat kita tidak berubah dan tetap tinggal dalam suasana keberdosaan.

2

Mengapa mengampuni harus dengan kerendahan hati?

Karena dibutuhkan kerendahan hati dan kebesaran jiwa untuk bisa mengalahkan perasaan insani kita, dan bersedia mengampuni dengan tulus. Sikap rendah hati adalah suatu sikap yang hanya mengandalkan Allah dalam hidupnya dan tidak mengandalkan kekuatan diri sendiri. Dengan kerendahan hati dapat membantu kita menyingkirkan berbagai bentuk kesombongan dalam hati kita.

3

Wujud pemberian maaf dan ampun?

1. memulainya dari hati
Pemberian maaf harus berawal dari hati yang mau mengampuni. pemberian maaf yang terjadi dalam hati, bukan saja hanya ketika orang bersalah itu minta maaf, tetapi sebelum dia minta maaf pun sebaiknya kita sudah memaafkan.
2. menunjukkan sikap dan perilaku kebaikan
Jika orang yang bersalah kepada kita masih belum meminta maaf kepada kita, kita tetap dapat memperlihatkan di berbagai kesempatan bahwa kita sebenarnya telah memaafkan dia.
3. menyatakan dengan kata-kata
Tujuan menyatakan dengan kata-kata yaitu untuk menjernihkan segala keraguan yang masih tersisa dalam hati.

4

Makna pemberian maaf dan ampun?

1. Terciptanya kedamaian
2. Sebuah tanda kemenangan
3. Memperlihatkan kebesaran jiwa
4. Mengungkapkan kematangan pribadi
5. Memperlihatkan kedewasaan iman