Week 4 Flashcards Preview

CB: Agama > Week 4 > Flashcards

Flashcards in Week 4 Deck (4)
Loading flashcards...
1

Pengertian Alam Lingkungan?

alam lingkungan terdiri dari unsur-unsur non manusiawi yang terdapat di dalam kosmos atau semesta ini. Unsur-unsur yang dimaksud di antaranya sinar matahari, tanah, udara, air, flora, fauna, iklim, suhu dan lain sebagainya. Dalam perspektif ekologi, manusia hanyalah salah satu elemen saja di dalam jejaring ekosistem alam lingkungan itu.

2

Perbedaan Eko-filosofi dengan Eko-spiritual?

Eko-filosofi merupakan suatu paradigma pikir baru yang mana kekuatan utama dari prinsip ini adalah cara berpikir baru yang melihat alam secara religius-spritual demi kebaikan lingkungan hidup itu sendiri.
Sedangkan Eko-spiritual memberikan suatu imperatif religius-spiritual bagi manusia untuk kembali menghargai nilai-nilai intrinsik yang mengkristal di dalam alam.

3

Pengertian Ekologi?

Ekologi berasal dari kata Yunani Oikos artinya Rumah. Ekologi merupakan studi tentang bagaimana organisme di dalam alam saling berinteraksi satu sama lain dalam konteks lingkungannya. Sedangkan Teologi artinya pandangan / filosofis tentang Ketuhanan. Inti pemikiri dari Ekologi yakni terdapat adanya satu kesatuan intrinsik antara berbagai elemen yakni Tuhan, Manusia dan segala entitas yang ada di dalam alam.

4

5 pokok pikiran berupa pengkondisian masa depan alam yang lebih baik lagi?

1. Ekuilibrasi: terciptanya situasi lingkungan alam yang seimbang
2. Yustisial: terciptanya situasi keadilan terhadap alam
3. Etika: terciptanya situasi kebaikan alam
4. Estetika: Terciptanya situasi keindahan alam
5. Spritualisme: terciptanya kondisi sakralitas alam