Week 3 Flashcards Preview

CB: Agama > Week 3 > Flashcards

Flashcards in Week 3 Deck (3)
Loading flashcards...
1

Jelaskan konsep tentang Tuhan?

Tuhan biasanya dipanggil dengan sebutan "Allah". Berasal dari bahasa Arab yaitu 'al' (sama seperti the dalam bahasa inggris) dan kata 'illah' (Tuhan). Secara harafiah berarti Tuhan yang Satu dan pasti Satu.

Manusia memiliki anggapan terhadap adanya suatu kekuatan transendental yang jauh melampaui kenyataan alam dan kemampuan manusia. Dinamisme meyakini adanya suatu kekuatan gaib yang mendominasi kehidupan kita manusia. lalu muncul Animisme yang meyakini benda-benda di dalam alam memiliki kekuatan magis.

2

3 konsep hakikat Tuhan tentang relasi antara Tuhan, Manusia dan alam ciptaanNya

1. Deisme berpendapat bahwa Tuhan yang Esa itu, setelah menciptakan alam ini, keluar daripadanya dan tidak pernah kembali lagi. Alam diciptakan serba sempurna dan segala hukumnya, kemudia semuanya diserahkan kepada alam dan manusia untuk menentukan kehidupannya masing-masing sementara Tuhan tidak ikut campur tangan dalam perbuatan manusia dan dinamika alam.

2. Panteisme berpendapat bahwa Tuhan, setelah selesai menciptakan alam ini, tetap saja tinggal di dalamnya, dan masih mengendalikan semua ciptaanNya. Semua peristiwa di dalam alam ini, tidak satu pun yang luput dari kehendak Tuhan. Kejadian alam, perbuatan manusia, pandai atau tidak, beruntung atau celaka, sukses atau gagal semuanya ditentukan dan dikendalikan oleh Tuhan.

3. Teisme sebagai penyatuan antara deisme dan panteisme. Paham ini mengatakan bahwa setelah selesai menciptakan alam ini, Tuhan keluar dari alam, namun Tuhan masih ikut mengontrol alam. Tuhan memberikan kebebasan kepada manusia, tetapi masih saja terdapat hal-hal yang diluar kemamuan manusia. Itulah yang sering dikenal dengan istilah hal-hal supranatural.

3

Contoh-contoh gambaran tentang Tuhan

1. Tuhan yang Maha Kuasa
2. Tuhan Maha Adil
3. Tuhan Maha Tahu
4. Tuhan Maha Pemaaf dan Maha Pengampun
5. Tuhan Maha Pengasih